Header Ads

  • Breaking News

    Facebook, Berita Palsu, dan Pemilihan Inggris

    Facebook telah memperluas kampanyenya untuk meningkatkan kesadaran tentang berita palsu, dengan mempublikasikan iklan di media Inggris.

    Facebook telah memperluas kampanyenya untuk meningkatkan kesadaran tentang berita palsu, dengan mempublikasikan iklan di media Inggris. Iklan, di surat kabar termasuk The Times, The Guardian, dan Daily Telegraph, memuat daftar 10 hal yang harus diwaspadai saat menentukan apakah sebuah cerita itu asli.

    Mereka termasuk mengecek tanggal artikel dan alamat situs web, serta memastikan tidak dimaksudkan sebagai satire. Facebook berada di bawah tekanan politik baru untuk mengatasi berita palsu menjelang pemilihan umum Inggris.

    Sementara itu, penyelidikan Panorama BBC yang akan disiarkan pada hari Senin telah menemukan bahwa jejaring sosial tersebut memainkan peran penting dalam Pemilihan AS dan referendum Uni Eropa tahun lalu.

    "Bahaya"
    Platform tersebut mengatakan telah menghapus "puluhan ribu" akun Facebook palsu dan sistem tersebut sekarang memantau pengiriman berulang konten yang sama atau peningkatan pesan yang tajam. Akun yang menampilkan aktivitas ini kemudian ditandai, ditambahkan.

    Facebook juga menurunkan peringkat cerita yang orang cenderung baca tapi tidak dibagikan.
    Bulan lalu MP Konservatif Damian Collins meminta Facebook untuk menangani berita palsu menjelang Pemilihan Umum Inggris pada 8 Juni.

    "Bahayanya, jika bagi banyak orang sumber berita utamanya adalah Facebook dan jika berita yang mereka dapatkan di Facebook kebanyakan adalah berita palsu, mereka bisa memilih berdasarkan kebohongan," katanya kepada Guardian.

    Akun Palsu
    Dalam sebuah laporan yang dirilis bulan lalu, Facebook mengaku telah melihat propaganda politik yang sengaja menyebar di situsnya.

    "Kami telah mengamati banyak tindakan oleh operator akun palsu yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan bahasa dan pengetahuan dasar tentang situasi politik di negara-negara target, menunjukkan tingkat koordinasi dan pemikiran yang lebih tinggi," katanya dalam dokumen tersebut.

    Ditambahkan bahwa "beberapa" kasus selama Pemilu Presiden AS 2016 mewajibkan tindakan.

    Bagaimana cara mengetahui "berita palsu"

    "Kota Berita Palsu"
    "Orang ingin melihat informasi yang akurat di Facebook dan juga begitu," kata Simon Milner, direktur kebijakan Facebook Inggris.

    "Untuk membantu orang melihat berita palsu, kami menunjukkan tips kepada semua orang di Facebook tentang bagaimana mengidentifikasi apakah ada sesuatu yang mereka anggap salah," lanjutnya.

    Dia menambahkan bahwa firma tersebut "mendukung" dua pemeriksa fakta pihak ketiga - Full Fact dan First Draft - menjelang pemilihan, namun Facebook menolak untuk mengatakan apakah ini adalah pengaturan keuangan.

    Sepuluh Langkah dari Facebook Untuk Mengetahui Berita Palsu
    1. Jadilah skeptis terhadap berita utama
    2. Lihatlah secara dekat URL [alamat web]
    3. Selidiki sumbernya
    4. Perhatikan format yang tidak biasa
    5. Perhatikan foto
    6. Periksa tanggal
    7. Periksa bukti
    8. Lihatlah laporan lain

    Apakah ceritanya lelucon?
    Beberapa cerita sengaja salah [satir]
    Ketika kata-of-mouth bermain ke tangan scammers: Analisis oleh Zoe Kleinman, Reporter BBC Technology. Penyebaran berita palsu di media sosial dituduh telah memengaruhi Pemilihan Presiden AS pada 2016.

    Facebook belum melangkah lebih jauh untuk menerima itu, namun laporan terakhirnya mengakui bahwa ada beberapa aktivitas yang "diwajibkan tindakan".

    Dengan pemilihan Inggris hanya sebulan lagi hari ini ada tekanan tambahan untuk menindakinya di Inggris. Pencipta berita palsu menghasilkan uang karena klik pada iklan yang mereka bawa. Google dan Facebook mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memblokir mereka dari menggunakan layanan iklan, namun mereka masih bermunculan.

    Hal ini menarik dan mungkin pertanda keanggotaan Facebook yang lebih tua bahwa mereka akan memilih media cetak tradisional untuk membantu menyebarkan pesannya di Inggris.

    Sepuluh tipnya adalah nasehat yang masuk akal dan akan menjadi terkenal oleh jurnalis sebagai cek standar. Kesulitannya adalah bahwa jika tautan tersebut muncul di umpan berita Facebook Anda karena telah dibagikan oleh salah satu teman atau saudara Anda, Anda lebih cenderung menerimanya dengan nilai nominal.

    Kekuatan kata dari mulut ke mulut sebagai alat pemasaran sangat dikenal baik oleh pemasaran profesional maupun scammers.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad